PODNewsPODRoom

22 Anak di Sumbar Alami Gagal Ginjal, 12 Orang Diantaranya Meninggal Dunia

Sebanyak 12 anak dilaporkan meninggal dunia karna mengalami penyakit gagal ginjal di Sumatera Barat (Sumbar). Total yang terjangkit gagal ginjal akut misterius ini mencapai 22 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, dr Lila Yanwar mengatakan, ada penambahan anak mengalami gagal ginjal yang masuk ke RSUP Dokter Muhammad Djamil, Padang, pada Rabu (19/10/2022) malam.

“Tadi malam, ada satu anak lagi yang masuk ke M Djamil, sehingga total ada 22 kasus yang sudah ditemukan. Dari jumlah itu, tercatat 12 orang meninggal dunia,” kata Lila dalam keterangan pers di Kantor Dinas Kesehatan Sumbar, Kamis (20/10/2022).

Menurut Lila, 22 anak yang mengalami gagal ginjal akut tersebut berasal dari berbagai daerah, seperti Padang, Payakumbuh, Bukittinggi, dan Kepulauan Mentawai.

“Sebarannya, 20 dirawat di Rumah Sakit M Djamil. Sepuluh orang meninggal di sini. Lalu ada satu pasien di RSUD Rasyidin dan satu pasien lain di RSUD Mentawai. Keduanya juga meninggal, sebelum sempat dibawa ke Padang,” ucapnya.

Lie merinci, kasus gagal ginjal akut di daerah itu mulai terdeteksi pada bulan Juli, dan terus meningkat pada Agustus dan September hingga Oktober.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button