PODEvent

Sambutan Ketua Stikes Bani Saleh di Wisuda Tahun 2021

Bekasi- Sejak didirikan pada Tahun 1992, dengan nama Akademi Keperawatan (AKPER), kemudian menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bani Saleh pada Tahun 2007, dengan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Nomor 128/O/O/2007, STIKES Bani Saleh secara konsisten dan berkelanjutan menyelenggarakan pendidikan di bidang kesehatan dengan visi: Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang Islami, Profesional dan Unggul pada tahun 2025.
Misi STIKES Bani Saleh adalah:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengajaran di bidang kesehatan yang bernilai Islami, Profesional dan Unggul.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang kesehatan yang bernilai Islami, Profesional dan Unggul.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan yang bernilai Islami, Profesional dan Unggul.
  4. Mengembangkan kurikulum di bidang kesehatan sesuai prediksi kebutuhan pasar kerja di tingkat Nasional dan Internasional.
  5. Mengembangkan kemitraan dengan institusi pengguna baik Nasional dan Internasional dalam rangka memperluas pasar kerja.
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana yang berkualitas sesuai kebutuhan di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bani Saleh.
    Misi, sebagai langkah-langkah besar untuk mencapai Visi, telah dituangkan dalam Rencana Induk Pengembangan STIKES Bani Saleh dan telah dijabarkan lebih lanjut dalam blue-print Rencana Strategis 2018 – 2022, untuk menggambarkan target-target yang harus dicapai setiap tahunnya.

    Dalam laporan ini kami sampaikan secara singkat pencapaian kinerja STIKes Bani Saleh Tahun 2019/2020 dari berbagai aspek pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Juga, capaian kinerja kegiatan lain yang secara langsung atau tidak langsung mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi, antara lain pembinaan Kemahasiswaan, bidang Promosi, Kerjasama dan Bisnis, bagian Sarana dan Prasarana, Administrasi Ketenagaan dan Keuangan, bagian Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawas Internal
    Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan
    Improving the quality of educational process is a never ending program. Ada beberapa indikator keberhasilan suatu pendidikan, antara lain adalah rerata IPK lulusan, lama masa studi, masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, rasio dosen mahasiswa, jumlah publikasi ilmiah, lebar pita internet (bandwitch) per mahasiswa, rasio persaingan mahasiswa masuk, ketersediaan fasilitas perkuliahan, dan laboratorium. Dengan kata lain, kualitas proses pendidikan merupakan konsekuensi logis dari system input – process – output yang secara sistematis dirancang sesuai dengan perubahan lingkungan strategis dan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pengguna.
    Kinerja bidang pendidikan dan pengajaran tahun ajaran 2020/2021 antara lain dapat dilaporkan sebagai berikut:
  1. STIKES Bani Saleh sudah terakreditasi oleh BAN-PT yang dilakukan akreditasi secara daring pada tanggal 21 Desember 2020 dengan nilai “SANGAT BAIK”
  2. Status Akreditasi STIKES BANI SALEH : Prodi Keperawatan S1 dan Profesi Ners dengan nilai ‘’B’’ pada bulan Maret 2018, Program Keperawatan D-3 dengan nilai B bulan Mei 2019, Program Kebidanan D-3 memperoleh nilai B, Program Farmasi S-1 sudah dilakukan re_akreditasi pada tanggal…dengan nilai C, diharapkan memperoleh nilai “Baik Sekali” atau B.
  3. Selama masa pandemi Covid-19 pelaksanaan pembelajaran teori, 100 % dilakukan secara daring (online). Sedangkan pembelajaran praktik laboratorium dan praktik di tatanan nyata (lapangan) dilakukan secara blended learning yaitu online 60% dan offline 40%. Platform yang digunakan dalam pembelajaran daring adalah Ms teams, Google Class Room, Zoom, google meet, Whats Ap dan email,
  4. Kegiatan wisuda dan angkat sumpah dilaksanakan secara offline dan disiarkan secara live streaming di youtub STIkes Bani saleh . pelaksanaan wisuda ini diikuti oleh wisudawan sebanyak 220 lulusan yang terdiri dari 4 program studi yaitu Program Studi : Keperawatan S-1 tahap akademik: 84 orang, Program Studi Farmasi S-1: 78 orang, Program Studi Keperawatan D-3: 46 orang dan Prodi Kebidanan D-3 : 12 orang. Khusus Program studi Vokasi yaitu Keperawatan dan Kebidanan telah diberlakukan exit exam pada tahun ini artinya bahwa mahasiswa yang mengikuti wisuda adalah yang telah lulus uji kompetensi.
  5. Persiapan penggabungan STMIK dan STIKES menjadi UNIVERSITAS BANI SALEH (UBS) yang terdiri dari 3 Fakultas yaitu Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ilmu Komputer
  6. Persiapan pembukaan program Profesi Bidan ditahun 2021 sampai saat ini terus dilakukan.
  7. Hasil Uji Kompetensi pada bulan Oktober 2021 : Prodi Keperawatan D-3: 100% untuk reteker dan Firsteker 94%, Prodi Kebidanan D-3 : 100%.
  8. Kualitas Pendidikan dosen :
    • Semua tenaga pendidik dengan latar belakang S2. Keperawatan berjumlah 10 orang, Spesialis Keperawatan sebanyak 8 orang; S2 Farmasi 7 orang, S2 Kesehatan Masyarakat sebanyak 8 orang, S2 Kebidanan sebanyak 2 orang, dan S2 Ilmu Penunjang berjumlah 3 orang. Saat ini dosen yang sedang proses S3 Keperawatan berjumlah 4 orang (2 orang di FIK-UI dan 2 orang di Lincoln University – Malaysia)
    • Tenaga Pendidik yang telah sertifikasi dosen sebanyak 7 orang,
    • Asisten Ahli berjumlah 20 orang dan lektor berjumlah 4 orang
    • Seluruh dosen STIKES Bani Saleh telah mengikuti Pelatihan PEKERTI
  9. Didukung oleh perpustakaan yang saat ini telah berjumlah 2.542 Judul buku, 4.683 eks (buku). Berlangganan jurnal nasional sebanyak 15 judul dan berlangganan 2 (dua) database e-journal Internasional Proquest dan Gale.

Bidang Kemahasiswaan
Pembinaan kemahasiswaan dilakukan melalui:

  1. Organisasi kemahasiswaan STIKes Bani Saleh meliputi BEM, HMJ dan Kegiatan Unit Kegiatam Mahasiswa (UKM) dalam kelompok bidang kesenian, olah raga , bidang ilmiah, kerohanian dan MAPALA
  2. Program Kreatifitas Mahasiswa dimasa pandemic Covid-19 dilaksanakan secara online dan offline yang meliputi Webinar Nasional HMJ Farmas dan Keperawatan, Edukasi PHBS pada anak usia sekolah Street Literasi di Rumah Pelangi kampung Babakan Kali Bedah Desa Sukawangi , Kajian From Home dan Lomba MTQ Internal.
  3. Pembinaan softskill dilakukan secara online adalah latihan dasar kepemimpinan (LDKM), latihan dasar kepemimpinam dan organisasi (LDKO), Orientasi Studi Dasar Islam. Kajian Islam setiap minggu
  4. Perluasan mitra pemberi beasiswa
    Mitra pemberian beasiswa saat ini adalah : LLDikti, BRI, Pemkot Bekasi, Baznas, Yayasan Bani Saleh dan PT Bavaria
  5. Prestasi yang telah dicapai:
    Olah Raga:
    • Putra: Juara II Footsal Putra pada lomba Footsal di UNDIP pada tahun 2018 dan juara III Footsal di FIK UI 2019,
    • Putri: Juara II Footsal pada lomba Ajang Olah Raga dan Talenta Club tahun 2018 di Poltekes Kemenkes Bandung, Juara I Footsal pada acara PIONAS STIKES Bani Slaeh tahun 2020
    • Julse Andreas Lomba kejuaraan atlet Panjat Tebing PORDA Kabupaten Bogor tahun 2018
    Kegiatan Ilmiah
    • Juara II Lomba Nursing sklill di STIKES Jendral A,Yani Cimahi Bandung tahun 2018
    • Juara I dan II Lomba Essay pada acara PIONAS STIKES BAni Saleh tahun 2020
    • Juara I Lomba Poster pada acara PIONAS STIKES Bani Saleh tahun 2020
    • Juara I Lomba Video Edukasi pada acara PIONAS Bani Saleh tahun 2020

Bidang SDM, Keuangan dan Umum

Kinerja bidang keuangan dan SDM tahun ajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut:

  1. Dalam rangka meningkatkan kinerja seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan maka job disc dan key performance indicator (KPI) telah di uji coba dan secara penuh dilaksanakan pada Tahun ini (2019 / 2020)
  2. Melaksanakan Audit Keuangan secara berkala dengan menggunakan akuntan publik sehingga keabsahan cash flow keuangan STIKes Bani Saleh dapat dipertanggung-jawabkan dan dipertanggung-gugatkan.
  3. Jumlah seluruh tenaga kependidikan berjumlah 25 orang
  4. Sarana prasarana sebagai penunjang akademik akan dilakukan peningkatan kualitas dan kuantitas, penambahan sarana laboratorium Farmasi, serta penambahan

Kerjasama dan Bisnis

Selama ajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Kerjasama, bekerjasama dengan beberapa Kampus dalam Negeri dan luar Negeri dibidang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kerjasama perekrutan lulusan STIKES Bani Saleh dengan instansi pemerintah maupun swasta wilayah Kota Bekasi, dan beberapa kerjasama internasional dengan PT Harini Duta Ayu, PT. Japan Internasional Economic Center, PT Miraino Hosi Jaya dan Perusahaan Swasta dan indsutri obat serta Apotek.
  2. Kerjasama University To University (U To U) dalam negeri dan luar negeri, diantaranya adalah dengan STBA LIA , Miyazaki University Jepang dalam penyelengaran kuliah pakar, kunjungan pelajar asing, pelatihan, seminar dan workshop bagi para tenaga kesehatan, mahasiswa dan umum tentang kesehatan individu , keluarga dan masyarakat.
  3. Memaksiamalkan Griya Sehat Bani Saleh sebagai unit usaha untuk kegiatan Pendidikan Pelatihan dan Pelayanan Kesehatan (Pelayanan Homecare dan Woundcare)
  4. Partisipasi alumni dalam sumbangsihnya di STIKES Bani Saleh, berpartisipasi dalam kegiatan PPSM, pemberian sumbangan sarana pembelajaran, Beasiswa, informasi lowongan pekerjaan dan turut berpartisipasi dalam memberikan sumbang saran pada tracer study
  5. Melaksanakan promosi dalam rangka rekruitmen mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020.

Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Kinerja bidang penelitian dan pengabdian masyarakat tahun ajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut:

  1. Menerbitkan e-journal dengan nama Journal of Nursing and Health yang telah diverifikasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sehingga berhasil mendapatkan e – ISSN dan verifikasi dari Perpustakaan Nasional Indonesia untuk mendapatkan ISSN jurnal cetak. E – journal volume pertama telah terbit pada bulan Maret 2017 dan dapat diakses pada website http: //jnh.stikesbanisaleh.ac.id/.
  2. Dosen STIKES BANI Saleh telah mempublish artikel pada jurnal berskala/bereputasi internasional, dan nasional, diantaranya pada Jurnal Enfermerica Clinica (3 artikel), Comprehensive Child and Adolescent nursing (Q3) 1 artikel, Journal Of Pharmaceutical Science and research 1 artikel, Belitung Nursing Journal (SCOPUS/WoS) 1 artikel, Jurnal Keperawatan (S4), Jurnal gema keperawatan, serta publikasi pada prosiding baik nasional maupun internasional; 3. Beberapa Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yaitu:
    a. Prodi Farmasi: Edukasi cara penggunaan obat pada siswa SMA, Deteksi zat tambahan makanan berbahaya pada jajanan siswa SD, Penyuluhan risiko penggunaan zat adiktif, dll
    b. Prodi Kebidanan : Safari Kebidanan; Prenatal gentle Yoga, Perawatan Acupressure dalam kehamilan, pemeriksaan dan konseling kehamilan
    c. Prodi Keperawatan DIII: Pembagian Suplemen makanan bagi perawat di 5 puskesmas kota bekasi, Diseminasi Penerapan EBN pada tatanan pelayanan asuhan keperawatan, dll
    d. Prodi Keperawatan S1: Diseminasi Penerapan EBN pada tatanan pelayanan asuhan keperawatan, Workshop SDKI, SLKI dan SIKI, Penatalaksanaan Hand Over keperawatan terkini dll
  3. Prestasi 6 Dosen Yang menerima HIBAH RISTEKBRIN Tahun Pendanaan 2020 yaitu 3 dosen dari Prodi keperawatan D-3, 1 dosen dari Prodi Keperawatan S-1, 1 dosen dari Jurusan Farmasi, dan 1 dosen dari jurusan kebidanan
  4. Pada tahun 2020-2021 Dosen STIKES Kembali berperan aktif untuk mendapatkan HIBAH Ristek BRIN sebanyak …..
  5. STIKES BANI SALEH MEmiliki Komite Etik Penelitian Kesehatan Sendiri (KEPK) Bani Saleh
  6. Peningkatan Jumlah HKI selama tahun 2019-2020 berjumlah 26 Hak Cipta
  7. Inovasi Modul Ajar dan Modul Praktikum Berbasis Android (Jurusan keperawatan)

Badan Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawas Internal
Kinerja Bandan Penjaminan Mutu:

  1. Fasiltasi audit Eksternal.
    • Saat ini sedang persiapan reakreditasi Prodi Farmasi, insyaAloh akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2020. Asesmen lapangan akan dilakukan secara daring.
    • Pada saat yang sama, juga sedang berlangsung persiapan reakreditasi institusi (AIPT).
    • Audit surveilans untuk ISO 9001:2015 untuk ketiga kalinya
  2. Akreditasi Mutu Internal (AMI)
    • AMI untuk Prodi Farmasi S1 sebagai persiapan reakrediatasi yang akan dilaksanakan tanggal 6-7 November minggu depan, (semoga dapat memperoleh nilai B);
  3. Survei kepuasan karyawan terhadap pelayanan administrasi umum

Selengkapnya dapat anda saksikan di link berikut ini :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button