PODNewsPODRoom

BMKG : Waspada Potensi Hujan dengan Intensitas Tinggi dan Puting Beliung pada 9-16 Oktober 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama sepekan ke depan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, saat ini suhu muka air laut di wilayah perairan Indonesia masih tidak normal. Sedangkan suhu muka air laut di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia juga lebih dingin atau relatif lebih dingin dari normalnya.

Samudra pasifik yang lebih dingin berkontribusi mengakibatkan uap air atau massa udara basah dari samudra pasifik ke wilayah perairan Indonesia, yang sering disebut sebagai fenomena lanina.

“Lanina masih terjadi hingga akhir tahun nanti, meskipun intensitasnya lemah. Namun, cukup signifikan menambah uap air di Indonesia,” jelas Dwikorita dalam konferensi pers, Sabtu (8/10/2022).

“Fenomena yang sifatnya global dan berlangsung beberapa bulan, bahkan sampai ke awal tahun. Ini fenomena global dan lebih panjang,” kata Dwikorita lagi.

BMKG juga menjelaskan bahwa saat ini sedang berlangsung aktifnya gelombang atmosfer madden julian oscillation atau secara sederhana disebut sebagai pergerakan awan-awan hujan dari arah Samudra Hindia melintasi Kepulauan Indonesia, menuju ke Samudra Pasifik.

“Sehingga hampir merata di wilayah Indonesia, terutama diawali bagian Barat, berangsur ke Indonesia bagian Tengah dan akhirnya bagian Timur dan akhirnya akan merata silih berganti,” jelas Dwikorita.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button