PODNewsPODRoom

Harga Baru BBM Pertalite Sudah di Tangan Jokowi!

kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi seperti Pertalite dan Solar sudah di depan mata. Harga baru Pertalite dan Solar bahkan sudah di pegang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada beberapa alternatif kenaikan harga Pertalite. Disebutkan, harga Pertalite akan berada di kisaran Rp 8.500-10.000 per liter. Kenaikan harga Pertalite itu kabarnya tinggal menunggu keputusan Jokowi.

“Ada beberapa alternatif (harga BBM) tinggal diputuskan Presiden,” terang sumber kepada CNBC Indonesia, dikutip detikcom Rabu (31/8/2022).

Seperti yang kita ketahui, saat ini harga BBM Pertalite yang dijual di SPBU dijual Rp 7.650 per liter, sementara harga BBM Solar Subsidi hanya Rp 5.150 per liter.

kepastian waktu kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi ini masih hanya diketahui oleh Presiden Jokowi. Pasalnya, dalam Rapat terbatas (ratas) di Istana Negara Jokowi masih belum memberi tahu jadwal kapan harga baru BBM ini akan diumumkan.

“Semua peserta rapat dengan Presiden kemarin juga nggak ada yang dikasih tahu,” ungkap dia.

Jelang kenaikan harga BBM, Jokowi menyalurkan tiga jenis bantuan sosial (bansos). Jadi dalam rencana kenaikan harga BBM ini, pemerintah sudah sepakat untuk memberi bantuan sosial sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM senilai Rp 24,17 triliun.

Pemerintah akan mengalokasikan dana tambahan bantalan sosial menjadi Rp 24,17 trilun untuk 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat. Adapun bantuan yang diberikan nantinya berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga subsidi gaji.

“Nanti pasti bersamaan diputuskannya, semoga,” tandas sumber kepada CNBC Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button