PODNewsPODRoom

Kemah Jokowi Simbol Awal Pembangunan IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai hari ini Senin (14/3/2022) sampai Selasa (15/3/2022) akan melakukan kemah dan bermalam di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam kegiatan itu, Jokowi akan ditemani oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jokowi dan para pejabat akan menginap di sejumlah tenda yang sudah disiapkan.

“Kami menginap di IKN ini tentunya apa adanya dan Bapak Presiden kami siapkan tenda sederhana. Tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” kata Heru Budi dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022) malam.

Presiden Jokowi akan berangkat dari Balikpapan menuju lokasi IKN pada Senin (14/3/2022) pagi melalui jalur darat.

Sesampainya di lokasi, Jokowi bersama 34 gubernur akan menggelar prosesi. Salah satu kegiatan dalam prosesi itu, kata Budi, adalah memanjatkan doa.

“Tentunya kita sebagai orang timur meminta doa, memanjatkan doa, dan menjunjung tinggi kearifan lokal,” ujar Heru.

Setelah kegiatan menginap, Presiden akan mengunjungi beberapa lokasi, di antaranya lokasi persemaian.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan Jokowi saat berkemah di IKN adalah Kendi Nusantara. Heru mengatakan sebelum berangkat, Jokowi memerintahkan kepada 34 Gubernur membawa tanah dan air dari daerah masing-masing ke IKN.

Heru mengatakan Jokowi dan para pejabat akan memanjatkan doa di titik nol IKN. Pada malam harinya Jokowi dijadwalkan bertemu dengan tokoh masyarakat dan menyaksikan atraksi kesenian di lokasi.

Selepas itu, Jokowi bersama para gubernur akan mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama. Semua pihak yang terlibat dalam penanaman pohon akan menanam pohon yang berbeda-beda.

(Kompas.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button